MENGENAL MAKANAN KHAS YOGYAKARTA

Yogyakarta terkenal sebagai kota pelajar. Tak hanya itu kota ini juga terkenal akan keistimewaan kotanya, budayanya, orangnya, wisatanya hingga makanannya. Hal itu menjadi salah satu alasan mengapa banyak turis mancanegara, maupun lokal mendatangi kota ini. Banyak hal unik yang bisa kita jumpai di jogja salah satunya adalah makanan. Makanan di jogja sendiri sangat identik dengan rasa manis yang alami. Namun masakan kota ini sangat cocok bagi semua lidah orang. Sehingga tak jarang jika kita jalan-jalan ke Malioboro atau Beringharjo banyak turis yang berbelanja makanan khas kota Yogyakarta.

Beberapa Makanan Khas Jogja yang Perlu Anda Ketahui dan Anda Coba

Bagi anda pecinta traveling dan kuliner. Rasanya Kurang pas jika anda belum mengunjungi kota istimewa ini. Yogyakarta mempunyai makanan dengan citarasa yang khas dan cara pengolahannya yang berbeda dengan kota-kota lain. Nama dari makanannya pun sangat unik di dengar. Dan dari segi rasa, makanan khas jogja mempunyai ciri khas yang berbeda-beda. Namun semuanya tetap dalam kategori manis. Jadi anda yang mempunyai masalah diabetes harus memperhatikan porsi makanan khas kota ini. Nah dibawah ini adalah beberapa makanan tradisional khas Jogja yang patut anda coba:

  • Gudeg

Gudeg merupakan makanan khas Yogyakarta yang berbahan dasar dari Nangka muda yang diolah dengan bumbu, gula jawa, santan dan daun salam untuk menambah aroma wanginya. Dalam pengolahannya gudeg membutuhkan waktu yang cukup lama. Dimana biasanya di masak dengan tungku api selama berjam-jam. Biasanya orang yang memasak masakan ini menambahkan daun jati untuk memberi warna coklat kemerahan yang cantik dan menggugah selera. Biasanya gudeg disajikan dengan telur ayam, ayam  atau tahu tempe yang dimasak secara bersamaan dengan gudeg tersebut.

  • Tiwul

Tiwul juga merupakan makanan khas Jogja yang tepatnya berasal dari Gunung Kidul. Biasanya tiwul digunakan sebagai makanan pengganti nasi oleh masyarakat setempat. Tiwul dibuat dari gaplek atau singkong yang telah dikupas kulitnya dan dikeringkan. Untuk pembuatan gaplek harus digoreng dulu sampai halus kemudian barulah dimulai proses pengolahanya. Kini tiwul sudah di modifikasi menjadi berbagai rasa. Seperti tiwul rasa keju, coklat bahkan buah-buahan.

  • Geplak

Geplak merupakan makanan khas Yogyakarta yang berasal dari Bantul. Geplak sendiri terbuat dari parutan kelapa dan gula pasir. Namun ada juga geplak yang terbuat dari gula jawa. Geplak biasanya diberi pewarna makanan yang beragam. Sehingga dapat mempercantik bentuknya. 

  • Growol

Berbeda dengan yang sebelum-sebelumnya growol merupakan makanan khas jogja yang tidak terlalu identik dengan rasa manis. Growol merupakan makanan jogja yang berasal dari kota Kulon Progo. Growol merupakan makanan yang berbahan dasar dari singkong. Growol mempunyai rasa yang gurih dan empuk. Masyarakat Kulon Progo biasanya juga membuat growol sebagai makanan pengganti.

  • Jadah tempe

Jadah tempe merupakan makanan jogja yang tempatnya berasal dari kabupaten Sleman. Jadah adalah makanan yang terbuat dari ketan yang ditanak kemudian diberi parutan kelapa lalu di uleni sampai rata. Jadah sedikit mirip dengan makanan khas Betawi yang bernama uli. Jadah tempe merupakan nama dari 2 makanan. Tempe yang dimaksud adalah tempe bacem. Yaitu tempe yang dimasak menggunakan bumbu yang dominan dengan gula jawanya. Makanan ini harus anda coba ketika sedang berada di kota ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat dengan kami melalui WhatsApp